Cara Menggunakan Accurate Online

Pada artikel kali ini akan menjelaskan cara menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah solusi untuk memudahkan pembukuan bisnis. Jika sebelumnya kamu berpikir kalau pembukuan adalah hal yang membuang banyak waktu dan mempersulit pekerjaan, dengan Accurate Online hal tersebut tidak akan ada lagi.

Tahap Awal Menggunakan Accurate Online

Accurate Online adalah software akuntansi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pemilik usaha yang belum terlalu paham mengenai ilmu akuntansi. Accurate Online tidak hanya digunakan untuk akutnan saja, tapi juga seluruh divi yang terkait di dalam sebuah perusahaan.

Seperti kamu menggunakan software berbasis cloud lainnya, hal pertama yang kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran akun Accurate Online. Jika belum, kamu bisa daftar akun Accurate Online melalui link ini. Jika sudah, kamu harus membuat database Accurate Online. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Membuat Database

Jika kamu sudah selesai membuat akun Accurate Online, tahap selanjutnya adalah membuat database yang akan berisi semua data terkait pembukuan dan transaksi bisnismu. Klik tanda tambah untuk membuat database baru seperti gambar dibawah ini :

cara menggunakan accurate online

Kemudian kamu dapat mengisi nama database perusahaanmu, latar warna yang ingin kamu gunakan, dan logo database. Jika sudah selesai klik tombol “Simpan”.

cara menggunakan accurate online

Selamat! kamu sudah berhasil membuat database kosong, tahap selanjutnya adalah mengisi data yang nantinya akan kamu gunakan untuk pencatatan pembukuan pada database tersebut. Klik database yang sudah kamu buat.

cara menggunakan accurate online

Mengisi Data dan Pengaturan Awal

Setalah kamu memilih database, kamu akan masuk ke pengaturan awal. Tahap ini adalah dasar dalam menentukan seperti apa pembukuan bisnis kamu nantinya akan berjalan. Tenang saja, tahap ini kurang dari 10 menit.

1. Info Perusahaan

Langkah pertama harus kamu lengkapi adalah info perusahaan. Isi semua kolom yang tersedia berdasarkan data perusahaan, jika sudah pilih lanjut. Contohnya seperti gambar di bawah ini :

cara menggunakan accurate online

2. Fitur Dasar

Kemudian adalah fitur dasar. Ini yang nantinya akan menentukan fitur apa saja yang bisa kamu gunakan pada akun Accurate Online, tapi jika kamu salah dalam menentukan fitur dasar, atau kebutuhan bisnis kamu sudah berubah seiring perkembangan bisnis dan membutuhkan fitur lain, kamu bisa mengubah fitur yang kamu tentukan dikemudian hari dari menu preferensi.

cara menggunakan accurate online

3. Dasar Menu Penjualan

Selanjutnya kamu akan masuk pada tahap pemilihan kebutuhan pada menu penjualan nantinya. Ini akan menentukan fitur yang dapat kamu pakai pada menu penjualan di akun Accurate Online.

cara menggunakan accurate online

4. Dasar Menu Pembelian

Lalu tahap berikutnya adalah memilih fitur yang nantinya akan kamu gunakan pada menu pembelian. Sama seperti di atas, pada tahap ini kamu akan diminta untuk mengisi kolom pilihan berdasarkan kebutuhan bisnis kamu saat ini.

cara menggunakan accurate online

5. Dasar Menu Persediaan

Padatahap ini, kamu akan memilih fitur dan metode yang kamu pakai dalam pengelolaan persediaan. Seperti biasa, pilihlah sesuai dengan kebutuhan bisnismu yang sekarang sedang berjalan. Accurate Online mempunyai 2 metode perhitungan persediaan yaitu FIFO dan Avarage.

cara menggunakan accurate online

6. Opsi Pencatatan Beban Per Departemen dan Per Proyek

Pada bagian ini, kamu dapat memilih untuk mencatat semua beban dengan banyak departemen dan proyek atau tidak. Biasanya ini kamu pilih jika bisnis kamu telah berskala menengah ke atas yang memiliki banyak departemen dan menangani banyak proyek dengan anggaran yang berbeda.

cara menggunakan accurate online

7. Pengaturan Akun Perkiraan

Accurate Online memerlukan akun perkiraan sebagai penampung nilai-nilai kas, pendapatan, persediaan, biaya, beban, dll. Jika kamu kurang memahami bagaimana mendefinisikan daftar akun perkiraan untuk perusahaanmu, Accurate bisa membuatkan secara otomatis daftar akun perkiraan yang umum digunakan oleh kebanyakan perusahaan. Jika sudah pilih opsi “SELESAI”.

cara menggunakan accurate online

Persiapan Data Perusahaan

Setelah kamu berhasil mengisi itu semua, berarti kamu sudah mempersiapkan fitur yang kamu butuhkan dan sesuai dengan bisnismu.

Berikutnya adalah melakukan persiapan data awal pada perusahaan. Contohnya adalah data pelanggan, stok barang, atau pemasok jika kamu mempunyai pemasok. Contohnya adalah seperti gambar dibawah ini :

Kas dan Bank

Menu ini untuk mempersiapkan informasi data kas dan Bank Perusahaan kamu berserta dengan saldonya, masukan satu per-satu melalui menu ini. Kamu bisa memasukkannya juga melalui menu utama “Buku BesarAkun Perkiraan”.

Pemasok, Pelanggan, dan Barang / Jasa

Kamu dapat menambah pemasok, pelanggan, dan barang / jasa secara manual dan satu persatu dengan menekan impor “Buat Pemasok”, “Buat Pelanggan”, dan “Buat Barang & Jasa” seperti gambar di atas.

Atau kamu dapat mengunggah semua data tersebut melalui file excel sesuai format yang Accurate Online tentukan dengan memilih opsi “Impor Pemasok”, “Impor Pelanggan”, dan “Impor Barang & Jasa”.

Sebelum proses impor, persiapkanlah hal-hal berikut ini:

  1. Daftar file harus dalam bentuk file Microsoft Excel (*.xls, *.xlsx)
  2. Accurate Online menganggap baris pertama data adalah judul kolom, data baris pertama tidak akan di impor
  3. Gunakan karakter titik (.) untuk pemisah desimal dan format tipe tanggal dd/mm/yyyy (contoh: 15/04/2014)
  4. Untuk data kolom mata uang, isikan sesuai dengan kode mata uang. contoh : IDR, USD, SGD
  5. Accurate Online hanya akan memproses 10.000 baris pertama dari file Excel yang diupload

Untuk melihat contoh template file yang bisa di unggah, kamu bisa mengunduhnya di sini.

Jika sudah selesai kamu dapat mencentang opsi kami mengerti dan selesai, kemudian klik “Tutup”, dan kamu telah siap untuk mencatat semua transaksi dan melakukan pembukuan bisnismu dengan mudah.

Penutup

Setelah kamu selsesai melakukan impor data perusahaan, itu berarti kamu telah siap menggunakan Accurate Online sesuai fitur yang kamu pilih dan sesuai kebutuhan bisnismu. Jika kamu merasa ada fitur yang kurang cocok atau yang kamu butuhkan tidak ada? kamu dapat mengubahnya melalui menu “Pengaturan” kemudian pilih “Preferensi”.

Jadikan pembukuan bisnis lebih mudah dengan menggunakan Accurate Online di mana pun dan kapanpun. Lupakan pembukuan yang menyulitkan, rawan kesalahan dan memakan waktu, karena kemudahan adalah awal pengembangan yang baik untuk setiap bisnis.

Jika kamu tertarik menggunakan Accurate Online, kamu dapat mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.