Laporan Laba Rugi : Pengertian, Fungsi & Contoh Laporan Laba Rugi
Laporan Laba Rugi | Umumnya, cara membuat laporan ini adalah sebuah kewajiban pada tiap perusahaan maupun setiap bidang usaha lainnya dengan melakukan teknik pelaporan yang sama.
Dalam mempelajari akuntansi cara membuat laporan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan dapat dipelajari lebih dalam. Untuk pemilik bisnis, laporan ini adalah suatu pencatatan yang sudah menjadi sebuah kebutuhan setiap hari, sehingga keuntungan maupun kerugian bisnis dapat diketahui untuk kepentingan perusahaan.
Hanya saja, baik itu laba atau rugi adalah bagian yang penting dalam membuat laporan ini. Penting untuk mengetahui beberapa karakteristik laporan keuangan. Umumnya laporan keuangan yang dibutuhkan seperti laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan bahkan catatan atas laporan keuangan.
Supaya kamu bisa lebih fokus, artikel ini bertujuan supaya kamu lebih memahami laporan ini dan dapat memudahkan pemilik bisnis ataupun investor dalam memahami laporan.
Pengertian Laporan Laba Rugi
Sebelum mempelajari lebih dalam kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian laba rugi.
Pengertian laporan laba rugi adalah laporan yang memberikan informasi tentang pengeluaran, pendapatan, serta laba atau rugi yang dihasilkan perusahaan dalam periode tertentu. Laporan ini memperlihatkan kinerja keuangan dari suatu perusahaan. Selain itu, laporan ini juga fungsinya sebagai alat memonitor kemajuan dan kekurangan keuangan perusahaan.
Laporan ini merupakan salah satu dari beberapa laporan keuangan utama, serta menjadi penghubung antara dua laporan neraca dalam periode berurutan.
Laporan ini biasanya dibuat pada akhir tahun atau akhir periode. Adanya laporan ini tentunya akan mempermudah para investor dalam membaca serta memahami kinerja sebuah perusahaan. Selain itu, di laporan ini juga terdapat informasi selisih antara pendapatan dengan beban pengeluaran yang terjadi.
Baca juga: Laporan Keuangan – Pengertian & Tujuan Laporan Keuangan
Fungsi Laporan Laba Rugi
Berikut ini merupakan beberapa fungsi yang dimaksud di atas :
- Memberikan informasi kepada pengguna informasi keuangan perusahaan mengenai keuntungan atau kerugian yang dihasilkan perusahaan saat beroperasi dalam periode waktu tertentu.
- Memperlihatkan tren perusahaan selama periode tertentu dengan membandingkan laporan ini dari tahun ke tahun dapat terlihat. Perusahaan tersebut apakah memiliki tren yang positif atau negatif dalam perkembangannya.
- Mempermudah pengusaha menganalisis darimana keuntungan paling besar didapat dan pengerluaran darimana yang paling banyak memakan biaya.
- Menjadi alat bantu untuk mempermudah mengukur dan menganalisa perkembangan perusahaan.
- Menjadi dasar bagi sebuah perusahaan untuk mengembangkan usahanya jika ingin meningkatkan keuntungan yang didapat.
- Sebagai alat bantu dalam menganalisa strategi perusahaan, apakah strategi yang selama ini dipakai sudah sesuai yang diharapkan atau perlu ganti strategi baru untuk mencapai keuntungan yang diharapkan.
- Menjadi cerminan profil perusahaan bagi calon investor maupun kreditur yang akan melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan.
- Sebagai alat bantu untuk evaluasi kinerja perusahaan.
Contoh & Jenis Laporan Laba Rugi
Laporan ini memiliki 2 jenis, yaitu single step dan multiple step. Laporan tersebut memiliki beberapa perbedaan dari langkah pembuatannya. Simak penjelasan di bawah ini.
Laporan Laba Rugi Single Step
Dalam laporan ini, keuntungan bersih diperoleh dari pengurangan pendapatan total dengan beban total perusahaan. Biasanya perusahaan menggunakan single step ini adalah karena perusahaan tidak mengetahui adanya laba sampai total pendapatan melebihi total beban, selain itu beberapa perusahaan lebih memilih metode ini karena formatnya lebih mudah dibaca, lebih sederhana, dan mudah dibuat.
Karena laporan ini sederhana, biasanya laporan dengan metode ini dipakai untuk perusahaan baru atau UKM. Berikut ini adalah contoh laporan yang menggunakan metode single step:
Laporan Laba Rugi Multiple Step
Laporan ini dalam bentuk multiple, menunjukkan beberapa langkah saat menentukan laba bersih. Ada dua langkah yang berkaitan dengan kegiatan operasional utama di mana antara aktivitas operasional dan non operasional dibedakan.
Laporan keuangan jenis ini biasa digunakan oleh perusahaan besar. Berikut ini adalah coontoh laporan yang menggunakan metode multiple step:
Kesimpulan
Laporan laba rugi merupakan salah satu jenis laporan keuangan yang sangat penting bagi setiap jenis bidang usaha sekalipun bagi kamu yang baru memlai untuk membangun bisnis. Dengan laporan ini, kamu dapat menganalisa pengeluaran dan pendapatan yang terjadi pada bisnismu dan melakukan pengembangan pada kegiatan operasional yang dibutuhkan.
Setiap pengeluaran dan pendapatan akan memberikan dampak langsung pada kelangsungan bisnismu. Jika kamu tidak memantau hal itu secara benar, bisa dipastikan kamu tidak akan bisa mengembangkan bisnismu secara maksimal dikarenakan kamu tidak bisa mengetahui keuntungan dan kerugian bisnismu.
Jika kamu memerlukan bantuan untuk membuat laporan ini secara mudah, otomatis dan minim kesalahan, kamu bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah dikembangkan lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Memiliki fitur terlengkap seperti penyajian otomatis 200 jenis laporan keuangan.