Promosi Penjualan: Pengertian, Tujuan & Strategi Promosi Penjualan

Walaupun kepuasan pembeli sudah menjadi prioritas utama pada bisnis, kamu juga perlu meningkatkan permintaan dan penjualan produk dalam jangka pendek. Saat inilah kamu membutuhkan sebuah perlakuan khusus pada bisnismu, yaitu dengan menggunakan promosi penjualan.

Berikut ini adalah pembahasannya secara mendalam.

Pengertian Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah sebuah strategi pemasaran dimana produk dipromosikan untuk meningkatkan permintaan dan penjualannya dalam jangka pendek.

Strategi ini sering digunakan dalam beberapa kasus berikut.

  • Memperkenalkan produk baru,
  • Menjual persediaan yang ada,
  • Menarik lebih banyak pelanggan, dan
  • Meningkatkan penjualan sementara.

Pentingnya Promosi Penjualan

Ini merupakan teknik praktis dalam jangka pendek untuk meningkatkan penjualan dengan cara membujuk pelanggan potensial. Beberapa tujuan yang ingin dicapai dari penggunaan strategi ini.

  • Menyebarkan informasi tentang merek ke pelanggan baru atau pasar baru
  • Menstabilkan volume penjualan dan penuhi tujuan penjualan jangka pendek
  • Merangsang permintaan untuk jangka pendek dengan membuat produk terlihat bagus.

Tujuan Promosi Penjualan

Selain untuk meningkatkan penjualan untuk waktu sementara, strategi ini juga memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai. Beberapa tujuan lainnya adalah sebagai berikut.

• Menciptakan Pasar untuk Produk Baru

Memasarkan produk baru di dalam pasar yang sudah ada sebelumnya memang memiliki kesulitan tersendiri. Dalam kendala seperti itu, beberapa bisnis memilih untuk menggunakan teknik promosi untuk meningkatkan penjualan produk baru. Beberapa strategi yang bisa dipakai seperti diskon, penawaran khusus, harga spesial, dan prinsip kelangkaan.

• Untuk Tetap Kompetitif

Perusahaan menggunakan teknik promosi agar bisa tetap bersaing dengan kompetitor lainnya.

• Mendapatkan Kepercayaan Supplier

Ketika teknik promosi efektif meningkatkan penjualan produk, tentu saja pemesanan arang ke supplier juga akan meningkat. Hal ini akan membuat supplier lebh percaya ke perusahaan tersebut.

• Untuk Membawa Produk ke Pasar Baru

Mencoba menjual produk ke pasar baru memang sulit. Maka dari itu biasanya perusahaan menggunakan teknik promosi supaya produknya banyak yang ingin mencoba.

• Meningkatkan Kesadaran Merk

Teknik ini juga dapat membantu untuk meningkatkan kesadaran merk kepada pelanggan, yang hasil akhirnya juga akan mempengaruhi peningkatan penjualan.

• Mempertahankan Pelanggan Lama

Teknik promosi juga bisa digunakan untuk bersaing dengan kompetitor dan mempertahankan pelanggan lama yang sudah ada di perusahaan tersebut.

Baca juga: Harga Pokok Penjualan – Pengertian, Komponen & Cara Menghitungnya

Strategi Promosi Penjualan

Secara garis besar, strategi teknik penjualan dibagi menjadi tiga jenis. Berikut ini adalah beberapa strateginya.

1. Pull Strategy

Pull strategy adalah strategy yang mencoba “menarik” pelanggan untuk membeli produk. Ini akan melibatkan komunikasi pada bagian pemasaran dan penawaran beberapa promosi yang menarik.

2. Push Strategy

Push strategy biasa digunakan agar produk menjauh dari perusahaan ke pelanggan. Ini akan menggunakan teknik yang dikembangkan terutama untuk pengecer, pedagang, supplier, distributor dan agen.

3. Strategi Hibrid

Strategi promosi hibrida menggunakan pull strategy dan push strategy untuk menjual produk dengan resistensi sekecil mungkin. Ini melibatkan menarik pelanggan menggunakan kupon khusus dan juga memberikan insentif kepada pedagang untuk menjual produk merek.

Baca juga: Laporan Penjualan – Pengertian, Fungsi & Contoh Laporan Penjualan

Kesimpulan

Promosi penjualan merupakan salah satu hal yang kamu bisa lakukan untuk mendapatkan target sesuai target yang diinginkan. Penjualan merupakan nyawa dalam setiap bisnis, karena penjualan menghasilkan keuntungan yang digunakan untuk biaya operasional perusahaan.

Kamu juga diwajibkan untuk mencatat setiap penjualan dan pengeluaran menggunakan sistem yang baik dan mudah digunakan. Jangan pakai pembukuan manual, karena selain memakan waktu, pembukuan juga sering terjadi kesalahan yang berakibat data yang disajikan tidak valid.

Kamu bisa menggunakan software akuntansi terbaik yang mudah digunakan dan sudah teruji seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software akuntansi online berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300.000 pengguna dengan berbagai jenis bisnis di Indonesia dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu.